Tuesday, April 26, 2011

Cara Melukis Wajah

Cara Melukis Wajah






Agar dapat membuat lukisan yang baik dan berkualitas, maka kita perlu tahu beberapa teknik melukis wajah yang antara lain adalah
1.Menentukan tema
Tentukan tema yang akan kita buat dalam bentuk lukisan. Apakah kita akan memunculkan tema kesedihan, kegembiraan, kemarahan, kebingungan atau perasaan hati yang lain. Demikian pula dengan umur atau jenis kelamin apakah wajah yang mau kita lukis menggambarkan sosok orang tua, anak muda, remaja atau anak-anak serta wanita maupun laki-laki.

2.Memilih model
Teknik melukis wajah yang nomor dua ini harus dilakukan dengan cermat. Pilihlah model yang sesuai serta mampu menampilkan diri sesuai dengan karakter atau tema yang telah kita tentukan sebelumnya. Maksudnya adalah, bila kita ingin membuat lukisan yang menggambarkan kesedihan misalnya
Kita tidak harus mencari orang yang sedang berduka cita. Namun carilah orang yang mampu berakting seakan-akan hatinya sedang memikul suatu beban yang sangat berat. Jadi di sini kita perlu melakukan komunikasi yang baik dengan orang yang mau kita jadikan model lukisan itu.

3.Buatlah foto
Bila merasa kesulitan karena harus membutuhkan waktu yang lama, buatlah fotonya lebih dulu. Ini juga akan membuat model lebih mampu memunculkan ekpresi wajah seperti yang kita inginkan.Karena bila harus berakting secara terus menerus ketika kita sedang melukis, tentu model tersebut akan merasa jenuh dan capek. Akibatnya ekspresi wajah yang kita inginkan tidak bisa muncul secara maksimal. Sehingga kualitas hasil lukisan kita juga tidak bisa bagus dan sempurna.

4.Membuat sketsa
Teknik melukis wajah selanjutnya adalah membuat sketsa. Buatlah sketsa tersebut secara detail terutama pada bagian mata, alis, bibir, dahi, dan pipi. Karena pada bagian inilah penggambaran suatu ekpresi perasaan pada wajah lebih sering terlihat. Bila perlu kerutan pada kulitnya juga dibuat. Terutama bila kita ingin menggambarkan sosok seseorang yang sudah lanjut usia atau tua.

5.Menciptakan perasaan
Setelah sketsa dibuat, maka kita melangkah pada teknik melukis wajah selanjutnya. Yaitu membuat lukisan tersebut. Sebelum hal ini dilakukan, ciptakan suatu perasaan seakan-akan kita juga ikut merasakan situasi atau penggambaran ekspresi dari lukisan yang akan kita buat.
Misalnya kita membuat lukisan wajah dengan ekpresi kesedihan, maka buatlah hati kita juga ikut merasakan duka pada sosok yang ingin kita lukis. Demikian pula bila kita ingin memunculkan ekspresi kegembiraan dan lain-lain.

6.Mulai melukis
Bila perasaan sudah tercipta di hati, maka mulailah memindahkan perasaan tersebut ke dalam bentuk lukisan. Usapkan cat warna dengan kuas ke dalam media lukis dengan hati-hati. Jaga terus perasaan dan konsentrasi hingga lukisan tersebut bisa selesai.

No comments:

Post a Comment